Sistem Komunikasi Modern


1.     Sistem Komunikasi Modern
Sistem Komunikasi Telepon
·       Dimulai dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876
·       Perkembangan komunikasi telepon hingga masa kini : Jaringan ISDN (Integrated Service by Digital Network), yaitu jaringan komunikasi yang tidak hanya untuk komunikasi suara (voice), tetapi juga bisa untuk data digital dan video.à multi-media

Sistem Komunikasi Radio
·       Dimulai dengan penemuan radio oleh Guiogelmo Marconi pada tahun 1901
·       Sistem komunikasi radio pada masa kini : Jaringan radio seluler baik yang seluler digital GSM, AMPS, dan lain-lain yang sejenis, maupun yang berteknologi CDMA, disamping jaringan radio non-seluler.
Sistem Komunikasi Data
·       Penemuan konsep mesin hitung (computer) pada 1822 yang kemudian menjadi berkembang pesat setelah ditemukannya transistor pada 1948, kemudian timbul keinginan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain (era 1960-an).
·       jaringan Internet yang saat ini telah bisa melayani komunikasi FTP, e-mail, Web, e-commerse, dan lain-lain à multi-media

2.     Perkembangan dari Generasi ke Generasi
Seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan telepon pun berevolusi dari teknologi yang menggunakan jaringan kabel telepon menjadi jaringan nirkabel (wireless network), sebagai media perantaranya. Jaringan nirkabel (wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer dan beberapa macam peralatan telekomunikasi tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dikenal sebagai jaringan telekomunikasi, dan banyak dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang paling populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), Wi-Fi, layanan komunikasi pribadi (personal communications service atau PCS), global system for mobile communications (GSM), D-AMPS, sistem navigasi global (GPS atau global positioning systems), dll.
            Evolusi teknologi akses wireline diawali dari PSTN berkembang ke ISDN lalu menuju ke DSL sebagai antisipasi komunikasi broadband. Teknolog wireless berevolusi dari generasi pertama (1G) yang analog, ke 2G yang digital dengan sistem yang terkenal Global System For Mobile Communication (GSM) berkembang ke GPRS. Lalu berkembang ke 3G dengan teknologi yang dikenal sebagai Universal Mobile Telecommunication System (UMTS), lalu ke High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dan Long-Term Evolution (LTE).

Secara umum perkembangan teknologi telekomunikasi terbagi menjadi beberapa generasi, antara lain :
·       1G (1979-1992), teknologi wireless.
·       2G, menggunakan teknologi  wireless yang ada, yang sebagian besar mengakomodasi teks.
·       2.5G, teknologi sementara dan mengakomodasi grafik.
·       3G (2001-2005), teknologi generasi ketiga mendukung kemampuan koneksi  internet berkecepatan tinggi, Video Streaming dan Video Conference.
·       4G (2006-2010), akan menyediakan teknologi multimedia yang lebih cepat dengan menggabungkan teknologi komunikasi suara (voice), akses internet (data),  dan layanan video atau televisi melalui satu saluran.


3.     Teknologi Telekomunikasi yang sedang Trend
·       VoIP (Voice over Internet Protocol)
IP telephony memungkinkan pengguna untuk mengirim foto, video dan data melalui koneksi jaringan yang sama. Tidak seperti jaringan circuit-switching PSTN yang ada, layanan telepon VoIP didasarkan pada teknik packet switching. Sebagai soal fakta, komunikasi melalui Telepon VoIP lebih unggul dibandingkan dengan layanan PSTN. Hal ini karena sinyal analog yang dikompresi ke dalam paket digital yang dapat menyerap kebisingan ketika disalurkan melalui internet. Hal ini pada gilirannya menjamin mengesankan? kualitas panggilan.
Untuk memanfaatkan layanan VoIP terbaik untuk berkomunikasi, pengguna harus memiliki perangkat keras khusus dan perangkat lunak. Sebagai soal fakta, satu membutuhkan koneksi broadband kecepatan tinggi, Analog Terminal Adaptor atau ATA, dan layanan telepon IP. Bahkan telepon biasa akan dilakukan dalam keadaan tertentu. Secara umum, Analog Telephone Adaptor dianggap sebagai perlengkapan standar dan disediakan oleh Penyedia layanan, ketika pengguna sign in untuk layanan.

Ini perangkat keras dan reconverts mengkonversi sinyal audio atau analog menjadi paket IP yang dikompresi dan sebaliknya. Paket IP digital yang dikompresi ke dalam format standar, sehingga mereka dapat menyerap bunyi yang tidak diinginkan di jalan. Akibatnya, paket mendapatkan ditransfer lebih cepat dan lebih efisien daripada jaringan circuit switching. Para dikompresi IP paket sesuai dengan protokol komunikasi standar. Karena itu, ketika mereka tiba di tempat tujuan, ada re-konversi dari paket digital ke sinyal analog.

4.     Perkembangan Teknologi ke Depannya
·       Mobile : Memberikan inovasi terhadap portable application, service, dan lain-lain
·       Broadband : Menggunakan broadband untuk perumahan dan perkantoran
·       Cloud Computing : Melakukan inovasi terhadap penyimpanan data ataupun content pada cloud computing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Parasadya Paramatatva Cisya © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes